Bug Facebook Menyebabkan Pengguna Menerima Komentar Spam Di Halaman Selebriti

Jakarta – Kemarin rabu pagi Facebook mengalami error yang aneh. Karena bug ini, umpan berita pengguna penuh dengan unggahan tanpa akhir dari akun selebriti.

Dikutip The Verge, Kamis (25/02/08-25) Masalah serupa terjadi saat kru The Verge mencoba menggunakan Facebook. Pasalnya, news feed mereka penuh dengan unggahan artis seperti Lady Gaga, Nirvana, dan The Beatles.

Baca juga

Masalah yang disebabkan oleh bug Facebook berlangsung sekitar 3 jam setelah diperbaiki hingga tenang.

Dalam sebuah posting Twitter, juru bicara Meta Alexandru Voica mengatakan bahwa masalah ini disebabkan oleh perubahan konfigurasi dan tim telah memperbaikinya.

“Karena perubahan konfigurasi sebelumnya hari ini, beberapa orang mengalami masalah dengan feed Facebook mereka. Kami telah mengatasi masalah ini sesegera mungkin kepada semua orang yang terpengaruh, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tweet Boyka di akun Twitter-nya.

Pengguna juga memanfaatkan bug ini untuk mengirim meme ke selebritas karena mengetahui bahwa komentar dan meme akan dibagikan kepada lebih banyak orang.

Salah satu gambar yang dibagikan adalah gambar sandwich kalkun dengan tulisan “Jika Anda melihat ini, silakan bagikan di halaman Facebook selebriti lain dan kirimkan mereka sandwich kalkun.”

* Apakah itu nyata atau scam? Silakan kirim WhatsApp ke Liputan6.com Fact Check Number 0811 9787670 dengan memasukkan kata kunci yang diperlukan untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebarluaskan.

Karena bug, sepertinya semua orang yang mengikuti selebriti akan melihat gambar sandwich kalkun di feed mereka.

Pengguna lain memanfaatkan ini dengan mengirim spam ke tautan donasi PayPal atau mempromosikan proyek cryptocurrency.

Tampaknya peristiwa ini tidak berhenti sepenuhnya, tetapi banyak pengguna melaporkan masalah ini menggunakan DownDetector. Namun, dasbor kesehatan Meta tidak melaporkan masalah apa pun selama periode kesalahan.

Baca juga  7 Aplikasi Prakiraan Cuaca Akurat Gratis Untuk Android Dan IPhone

ubah penampilanmu

Selain itu, Facebook secara resmi mengumumkan perubahan tampilan aplikasi beberapa waktu lalu. Sekarang Facebook telah menambahkan tab baru bernama Feed.

Memiliki feed itu menarik karena menunjukkan upload yang diurutkan secara kronologis. Artinya tab ini akan menampilkan unggahan terbaru dari teman, Halaman, atau grup yang Anda ikuti.

Biasanya, sebelum Facebook akhirnya mengimplementasikan algoritme, umpan berperilaku seperti tab beranda, di mana unggahan yang dilihat tidak lagi diurutkan berdasarkan kesegaran, tetapi oleh faktor lain yang terkait dengan kebiasaan pengguna.

* BACA BERITA TERBARU LAINNYA DARI GOOGLE NEWS

Mengutip GSM Arena (22 Juli 2022), pengguna juga bisa memfilter konten yang ingin ditampilkan di feed mereka. Jadi pengguna dapat memilih daftar teman atau halaman mana yang akan ditampilkan di tab ini.

Facebook akhirnya menghadirkan tab Umpan, tetapi Facebook telah membuat tab Beranda masih tersedia. Namun, menurut perusahaan, fitur tab Beranda dari aplikasi Facebook telah sedikit berubah.

Menurut Facebook, halaman beranda kini ditempatkan sebagai tab di mana pengguna dapat menemukan dan mengikuti konten terbaru, termasuk rekomendasi dari raksasa media sosial.

Umpan, di sisi lain, adalah tempat di mana pengguna dapat mengakses konten dari orang dan komunitas yang sudah terhubung dengan mereka. Jadi di tab “Umpan”, pengguna tidak akan menemukan opsi “Disarankan untuk Anda”.

Tab Beranda dan Umpan diluncurkan hari ini ke beberapa pengguna Facebook di iOS dan Android. Baru setelah itu akan diluncurkan ke semua pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Baca Juga: