Cara Menggunakan Musik Instagram Di Indonesia

Fitur Instagram Music yang sudah lama ditunggu-tunggu juga hadir di Indonesia. Ya, Anda sebenarnya dapat menggunakan layanan dengan versi aplikasi terbaru.

Namun, fitur Musik Instagram ini benar-benar tersembunyi. Anda harus melihat perlahan untuk menemukan fitur-fiturnya. Jadi, bagaimana Anda menggunakan Musik Instagram di Stories?

Apa itu Musik Instagram?

Apa itu Musik Instagram? Instagram Music adalah fitur yang memungkinkan Anda memasukkan lagu internasional dan lokal ke dalam story Anda.

Jadi, ketika Anda membuat sebuah cerita, baik itu video atau gambar, Anda bisa melengkapinya dengan sebuah lagu. Menariknya, lagu-lagu di “Stories” legal.

Fitur Instagram Music sendiri sudah diluncurkan pada 2018 lalu. Namun, ini hanya tersedia di 7 negara: Australia, Selandia Baru, Prancis, Jerman, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat. Fitur ini baru akan tersedia di Indonesia pada Juni 2021.

Mengapa fitur ini tidak digunakan di Indonesia? Pasalnya, saat itu Instagram belum mendapatkan lisensi musik untuk Indonesia. Jika Anda tidak memiliki lisensi dan Instagram masih menyediakan fitur musik, itu dianggap pelanggaran hak cipta.

Baca Juga:

Cara menggunakan Musik Instagram

Cara menggunakan Instagram Music tidak begitu sulit. Jika Anda tahu di mana fitur itu. Jadi mari kita lihat cara menggunakan Musik Instagram di bawah ini.

1. Jika belum, perbarui aplikasi Instagram Anda. Pengguna Android dapat memperbarui aplikasi melalui Google Playstore. Pengguna iPhone dapat memperbarui aplikasi melalui App Store.

Buka aplikasi Instagram.

2. Pilih fungsi unggah cerita. Cukup geser layar ke kanan. Anda juga dapat mengklik gambar profil Anda di sudut kiri atas.

3. Anda dapat merekam video atau mengambil foto untuk kisah Instagram Anda. Anda juga dapat memilih berdasarkan foto atau video melalui galeri.

Baca juga  Ini Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Download Foto

4. Setelah memilih, klik ikon stiker di bagian atas.

5. Cari “Musik”.

6. Selanjutnya, Anda akan menemukan beragam pilihan musik, baik di dalam maupun luar negeri.

7. Ada dua kolom: “Untuk Anda” dan “Jelajahi”. “For You” adalah lagu yang direkomendasikan langsung oleh Instagram. Di sisi lain, Browse memungkinkan Anda untuk mencari lagu berdasarkan genre musik.

8. Anda dapat mendengarkan preview terlebih dahulu sebelum memilih lagu. Untuk melakukannya, tekan tombol putar di sebelah kanan judul lagu yang ingin Anda dengarkan.

9. Setelah dipilih, Anda dapat mengedit cuplikan lagu yang ingin Anda gunakan. Caranya mudah hanya dengan menggeser ke kanan atau kiri track lagu. Anda juga dapat menentukan periode.

10. Jika mau, Anda dapat memilih jenis teks sebagai Word.

11. Terakhir, klik Selesai. Tombol ini terletak di pojok kanan atas layar.

12. Klik ‘Kirim’ untuk mengunggah foto atau video Anda ke Instagram Stories.

Baca selengkapnya: 5 cara mudah untuk mengunduh foto dari Instagram

Itu adalah langkah maju untuk aplikasi Instagram Music. Sudahkah Anda mencoba fitur Instagram terbaru di Indonesia?