Model ebisnis yang Harus Diketahui

Menentukan model bisnis merupakan suatu hal yang penting sebelum memutuskan untuk mengimplementasikannya. Termasuk kamu pun perlu mengetahui apa saja model ebisnis bila ingin menerapkannya.

Tanpanya, kamu akan kesulitan untuk menentukan arah bisnis yang ingin ditawarkan kepada para konsumen. Dengan memahaminya, kamu bisa menentukan cara yang tepat dalam menjalankan bisnis.

Nah, kira-kira saja model dari ebisnis ini? Yuk, simak pembahasan tentang model-model dari ebisnis di bawah ini.

Model ebisnis yang Umum

Ada beberapa model dari ebisnis yang perlu kamu ketahui. Adapun model dari ebisnis yang umum dikenal, antara lain:

1.      B2B (Business to Business)

Jenis pertama yaitu B2B yang merupakan transaksi sebuah perusahaan dengan perusahaan lainnya. Semua transaksi tersebut dilakukan secara online memakai email atau platform khusus elektronik data interchange (EDI).

2.      C2C (Consumer to Consumer)

C2C merupakan transaksi / keuangan antara konsumen dengan konsumen lainnya. Contohnya seperti jual beli barang di platform jual beli online.

Umumnya individu melakukan iklan terhadap jasa, produk, pengetahuan ataupun keahliannya pada salah satu situs lelang.

3.      B2C (Business to Consumer)

B2C merupakan jenis transaksi elektronik yang dilakukan antara perusahaan yang menawarkan produk ataupun jasa ke para konsumen.

4.      C2B (Consumer to Business)

C2B merupakan transaksi antara konsumen yang menawarkan produk atau jasa ke perusahaan atau organisasi dan individu yang mencari penjual, melakukan interaksi dengan penjual tersebut dan lakukan transaksi.

Baca juga  Arif Bodhimanta Ingin Koperasi Menjadi Gerakan Anti Kapitalis

5.      Non-business electronic commerce

Model ini terdiri atas institusi non bisnis seperti organisasi nirlaba, lembaga pendidikan, organisasi keagamaan, intansi pemerintah, dan organisasi sosial.

Pada umumnya organisasi non bisnis memakai berbagai tipe ebisnis atau ecommerce untuk menekan biaya ataupun meningkatkan layanan pelanggan dan operasi.

6.      Intrabusiness electronic commerce

Intrabusiness electronic commerce merupakan semua aktivitas internal organisasi yang biasanya dilakukan menggunakan internet dan meliputi pertukaran jasa, barang, atau jasa.

Itulah beberapa model ebisnis yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui dan memahaminya maka kamu dapat menjalankan ebisnis dengan tepat.