Transparansi Dan Implementasi AKHLAK Dievaluasi Dan Bank Memenangkan Penghargaan.

Spiritual Sentiment Quotient (ESQ)/Accelerated Cultural Transformation (ACT) Consulting International Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendapat penghargaan peningkatan tertinggi Indeks Implementasi AKHLAK atau pertumbuhan signifikan Implementasi Core Value. Ah Clark.

Penghargaan ini didasarkan pada hasil benchmarking ACT Consulting/ESQ, dimana staf BSI telah mengevaluasi implementasi nilai-nilai inti BerAKHLAK secara berkelanjutan.

Pencapaian ini juga diakui oleh pendiri ESQ Group Ari Ginanjar Agustian.

“Selamat kepada British Standards Institute yang telah meraih kenaikan tertinggi dalam Indeks Implementasi AKHLAK (pertumbuhan yang signifikan dalam implementasi nilai-nilai inti AKHLAK),” kata Ari Genanagar, Sabtu (2 November 2023) dalam keterangannya.

Ari menjelaskan, pengukuran dan pemetaan ini dilakukan oleh pihak ketiga, dalam hal ini metode ACHI (Indeks Kesehatan Budaya AKHLAK), lembaga independen terpercaya, ACT Consulting/ESQ.

“Penilaian ini mencakup seluruh staf BSI, bagaimana penerapan AKHLAK dalam kehidupan BSI sehari-hari, apa yang mereka rasakan, lihat dan dengar,” ungkapnya.

Menurut Ari, pengukuran ini dilakukan secara objektif oleh pihak eksternal organisasi, bukan self-assessment dan pengukuran yang biasanya dimiliki banyak perusahaan yang bersifat subjektif.

“Transparansi ini harus diapresiasi,” imbuhnya.

Ari memaparkan peningkatan hasil survei ACHI BSI dari tahun 2021 ke tahun 2022. Total Indeks Kesehatan Budaya Organisasi BSI pada tahun 2021 naik dari 82,1% menjadi 85,8% pada tahun 2022, lebih tinggi dari rata-rata Indeks Kesehatan Keseluruhan Budaya Organisasi sebesar 177 BUMN dan Anper sebesar 64,2%.

Selain itu, indeks implementasi AKHLAK BSI meningkat signifikan dari 45,3% di tahun 2021 menjadi 81,4% di tahun 2022. Pencapaian indeks implementasi AKHLAK juga jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya. .

Ari mengatakan, “Nilai atau nilai tertinggi adalah Amanah 91,1%. Artinya mereka peduli secara konsisten antara apa yang mereka pikirkan, apa yang mereka katakan dan apa yang mereka lakukan. Mereka mengutamakan kepentingan klien mereka, dan mereka peduli dengan pemangku kepentingan dan bisnis mereka. praktik menurut Syariah.” Prinsip Prioritas.”

Baca juga  Demonstrasi Menolak Lonjakan Bahan Bakar, GMNI Membakar Ban Karena Radang Dingin Kuda

Ia melanjutkan, “Alat ukur ini digunakan secara resmi oleh pemerintah (KemenpanRB) di tingkat nasional terhadap 700 kementerian dan lembaga pusat dan daerah untuk hampir 1 juta ASN.”

Skor Indeks Kesehatan Budaya Organisasi ASN sebesar 73,4% dan Indeks Pelaksanaan BerAKHLAK sebesar 60,9% sedangkan Nilai Tanggung Jawab atau Amanah sebesar 74,1%.

“Ini merupakan tindak lanjut dan dukungan kami terhadap implementasi Nilai Inti AKHLAK yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi sendiri pada 27 Juli 2021 dan Nilai Inti AKHLAK yang diluncurkan oleh Menteri BUMNerickthohir pada 1 Juli 2020.” Ariga dikatakan.

Ia kemudian melakukan pengukuran dan evaluasi tersebut di ACT Consulting – ESQ untuk memastikan implementasi BerAKHLAK, pembentukan Zona Integritas, dan langkah-langkah pencegahan korupsi dengan memperhatikan perilaku bertanggung jawab dan amanah di tempat kerja.

“Saya berharap Indonesia lahir dengan integritas, moralitas, tanpa korupsi dan bangga mengabdi pada negara,” kata Ari.

Penghargaan yang diterima BSI atas pertumbuhan signifikan dalam penerapan nilai-nilai inti AKHLAK juga bertepatan dengan pertumbuhan pendapatan BSI yang mengesankan di tahun 2022.

BSI melaporkan laba sebesar Rp4,26 triliun untuk tahun 2022, meningkat 42,3% year-on-year dibandingkan Rp3,2 triliun pada tahun 2021. Artinya, pencapaian ini merupakan keuntungan terbesar sejak berdirinya BSI.