Fitur SOS Satelit IPhone 14 Menyelamatkan Orang Yang Terjebak Di Alaska

Fitur darurat atau satelit SOS iPhone 14 dilaporkan telah menyelamatkan nyawa seorang pria yang terdampar di daerah terpencil di Alaska.

Insiden 1 Desember 2022 adalah salah satu laporan pertama dari fitur baru ini yang digunakan di iPhone generasi terbaru.

Sekitar pukul 02.00 hari itu, pihak berwenang diberi tahu bahwa seorang pria dewasa telah mengaktifkan iPhone Emergency SOS melalui satelit setelah terdampar.

Pada Kamis (12 Agustus 2022), pria yang dikutip 9to5mac itu dilaporkan melakukan perjalanan dari Norvik ke Kotzebue dengan bajak salju.

MacRumors melaporkan bahwa pria tersebut mengaktifkan fitur Emergency SOS melalui satelit di iPhone 14 miliknya karena dia tidak memiliki sinyal seluler dan sedang melewati area yang dingin.

Pihak berwenang sedang bekerja dengan tim pencarian dan penyelamatan (SAR) lokal, Pusat Tanggap Darurat Apple, dan Koordinator Arktik Barat Laut Karibia untuk menyelamatkan pria tersebut.

Tim mengerahkan empat sukarelawan untuk mencari secara manual area Nimiuk Point dengan koordinat GPS yang disediakan oleh Apple’s Emergency Response Center.

“Seorang pria dewasa ditemukan dan dibawa ke Kotzebue oleh regu pencari sukarela. Tidak ada korban luka yang dilaporkan kepada tentara,” kata laporan departemen itu.

Tidak jelas mengapa pria itu terdampar. Namun, mobil salju memiliki kemungkinan kerusakan mekanis dan kemacetan tertinggi.

Sementara itu, polisi negara mengatakan mereka menyukai sistem SOS dengan kemampuan satelit iPhone 14.

Tim penyelamat yang terlibat dalam operasi tersebut “terkesan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi peringatan awal” dari fungsi darurat SOS melalui satelit.

Fitur iPhone yang sama dirancang untuk mengajukan beberapa pertanyaan sebelum mengirimkan peringatan untuk mempercepat misi penyelamatan.

SOS darurat melalui satelit tersedia untuk semua pengguna iPhone 14, tetapi tidak tersedia di wilayah seperti AS dan Kanada. Belum diketahui kapan fitur ini akan diperluas.

Baca juga  Cara Buat Video Tiktok Durasi 3 Menit yang Wajib Dicoba

Fitur SOS ini dapat diaktifkan jika terjadi keadaan darurat dan koneksi WiFi atau seluler tidak tersedia. Fitur ini gratis selama 2 tahun.

Apple belum merilis detail tentang berapa banyak yang harus Anda bayar untuk terus menggunakan fitur ini di masa mendatang.

Tak lama kemudian, fitur SOS iPhone bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Pria pemain ski itu selamat berkat fitur SOS Darurat, juga dikenal sebagai SOS Darurat.

Menurutnya, fitur iPhone membantunya menghubungi layanan darurat setelah jatuh ke celah es.

Insiden itu terjadi pada Maret 2022 ketika pemain ski dan pelatih pribadi Tim Blakey sedang berseluncur di gletser dekat Zermatt, Swiss.

Dia juga mendapat masalah di kabin sekitar 10.000 kaki. Rupanya, Blackie jatuh ke celah bunker di salju.

Dikutip di Gizchina, Selasa (4 Mei 2022), Blakey terjatuh dan terjebak di salju. Ini juga membatasi pergerakannya ketika dia mencoba keluar dari situasi.

Ketika Anda memeriksa telepon Anda untuk mendapatkan bantuan, itu menunjukkan bahwa baterai iPhone Anda hanya tersisa 3 persen. Blakey juga memiliki opsi terbatas untuk mendapatkan bantuan.

Dia ingat bisa memanggil layanan darurat melalui iPhone-nya menggunakan fitur Emergency SOS dengan baterai minim. Fitur SOS iPhone juga dapat mengirim pesan teks dari lokasi iPhone Anda ke kontak darurat dan layanan darurat.

Untungnya, penyelamat tiba dengan cepat dan berhasil menarik Blackie keluar dari celah tersebut. Blackie mengalami cedera pergelangan kaki dan dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

Blacky mengenang kejadian itu melalui Instagram-nya dan berterima kasih kepada tim penyelamat. Dia bilang dia tidak tahu bagaimana membalas kebaikannya.

“Mungkin langkah pertama adalah memberi tahu orang-orang tentang pekerjaan luar biasa yang dilakukan penjaga pantai di gunung dan memastikan orang-orang tidak seceroboh saya,” katanya.

Baca juga  7 Aplikasi Prakiraan Cuaca Akurat Gratis Untuk Android Dan IPhone

Tim Blakey juga berterima kasih kepada Apple atas layanan Darurat SOS yang berfungsi dengan baik.

Blakey juga berterima kasih kepada perusahaan telepon untuk terus menyediakan konektivitas 3G dengan sisa baterai 3% di bawah es.

Sumber: